Nama   : Devi Darul Kurniwati
Kelas    : Ip /B
Nim      : 201810050311085

KEPEMIMPINAN PEMERINTAHAN KABUPATEN TRENGGALEK

M Nur Arifin dilantik menjadi Bupati Trenggalek di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (28/5/2019). Ia dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
Seusai seremonial pelantikan, pria yang akrab disapa Mas Ipin itu berharap, hari pelantikannya yang bertepatan dengan Bulan Ramadan menjadi awal yang baik.
"Pelantikan saat Ramadan saya rasa menarik," kata dia.
Selain itu, pelantikan Bupati Trenggalek juga bersamaan dengan 99 hari kerja pasangan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.
Dia juga merasa pelantikannya saat ini unik karena tanpa dibarengi dengan pelantikan wakil bupati.
"Biasanya yang sambutan cuma gubernur, tapi tadi termasuk wakil gubernur yang juga sebagai purna bupati Trenggalek," ungkapnya.
Mas Ipin dilantik menjadi bupati setelah bupati sebelumnya, Emil Dardak, terpilih menjadi Wakil Gubernur Jatim.
Ia masih akan menjabat hingga akhir masa jabatan 17 Februari 2021. Dalam program rencana ke depan, Mas Ipin ingin meningkatkan ekonomi warga Trenggalek.
"Kami sedang menggerakkan agar tiap desa punya pengerjaan ekonomi. Jadi kami akan dorong insentif untuk desa-desa agar punya inovasi terhadap perekonomian di sana," kata dia.
Ipin mengaku sempat membuat riset di desa-desa yang punya area wisata di Trenggalek. Hasilnya, aku dia, satu objek wisata bisa membuka sekitar 200 lapangan pekerjaan baru.
"Bayangkan kalau ada 100 desa di Trenggalek yang bisa seperti itu, maka akan ada 20.000 lapangan pekerjaan baru," tutur Mas Ipin.
Dia menjelasankan, masalah ekonomi merupakan salah satu hal yang menjadi pokok utama program pemerintahannya.
Bahkan, sejak pertama kali terpilih menjadi wakil bupati, berpasangan dengan bupati sebelumnya, Emil Dardak.
Khofifah mengatakan, Bupati Trenggalek adalah salah satu bupati melenial. Maka, ia berharap bupati melenial bisa mendorong pengentasan penganguran di Jatim.
Mas Ipin saat ini menjadi bupati yang usianya termuda yang sedang menjabat di Indonesia.
"Sementara tingkat pengangguran di Jatim yang banyak adalah usia melenial. Lulusan SMK dan SMA," kata Khofifah.
Ia mendorong para kepala daerah untuk mengikutkan warganya di digital scholarship dari Kementarian Komunikasi dan Informatika RI.
"Karena semula komunikasi yang terbangun (kuotanya) sekitar 1.800 siswa. Tapi kemarin unlimited," ujarnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CIRI KHAS DAERAH

MAHASISWA AKTIF DAN KREATIF